Sunday, June 11, 2017

Bagaimana Membayar E-Tilang Lewat ATM BRI

Bagaimana Membayar E-Tilang Lewat ATM BRI

          Buat temen temen yang baca artikel ini,mungkin di antara kalian banyak yang kena tilang dan masih bingung gimana cara menyelesaikan musibah tilang yang sedang kalian alami hehe,sebenarnya sih banyak cara untuk mengurus denda tilang sendiri,dari cara yang legal seperti ikut sidang di pengadilan bahkan sudah jadi rahasia umum penyelesaian tilang sendiri terkadang bisa beres di tempat,yah karna saya sendiri juga pernah seperti itu,yah menurut saya sendiri memang tidak semua angota Oknum Polisi Lalulintas yang menilang dan menawarkan jasa damai di tempat,tapi Tidak Sedikit pula Oknum yang menawarkan jasa itu sendiri,oke langsung saja daripada kita membahas kejelekan orang lain dan membuat kita makin Suudzon sama pak POLnya.
       
          Kronologi sendiri pada hari kamis Tanggal 7 juni  2017 itu saya berniat mau pesan tiket buat saya mudik lebaran,rencana saya selesai saya UAS saya mau langsung mudik karna UAS di kamous saya ketepatan sama bulan Ramadhan,saya sendiri kuliah di jurusan Teknik Informatika Universitas Amikom Yogyakarta dan saya sendiri berasal dari lampung.

          Pagi menjelang siang itu sekitar jam 9 selesai ujian saya langsung ambil kunci ambil motor dan menuju tempat pemesanan tiket,karna niat saya mau lewat jalan yang relatif sepi saya akhirnya lewat di jalan Ringroad Utara,Nah awal musibah yang saya alami ini kejadian karna saya lewat jalur ini,di jalan karna saya saya nyari ATM buat ambil uangnya yang untuk beli tiket,sayapun naik motor dengan santai karna gak ketemunya ATM yang saya cari sampai di agen penjualan tiket tersebut masih belum ketemu juga dan saya ingat gak jauh dari situ ada mini market yang ada ATMnya sayapun labas ke mini market itu,habis selesai ambil uangnya saya langsung menuju penjualan tiketnya,nah karna jalan di daerah depan bandara Adi Sucipto sampai ke arah jl Solo jalan tersebut ada pembatas jalannya yah sehingga mau gak mau saya harus cari putar baliknya,dan akhirnya sampe di lampu merah saya gak nemuin arah putar balik saya jalan terus,sekitar 50m baru ada arah putar balik Nah dari sinilah mungkin saya salah,pas saya putar balik setelah lampu merah itu tiba-tiba ada pak polisi nongol dari balik toko oleh-oleh dan yahhh akhirnya saya disuruh berhenti.

          Dan mulailah obrolan dengan pak pol:
"bisa berhenti dulu mas,saya liat surat suratnya sama SIMnya"
Pak Pol 1 berujar,akhirnya saya tunjukan STNK dan SIM saya,

"oke kesitu mas sama bapak yang itu buat ngurus pelangaranya"
Pak Pol 1 kembali berbicara,saya langsung masuk ke pos satpam itu ke tempat Pak Pol 2 dan Pak Pol 1 kembali duduk manis menunggu mangsa yang akan melanggar lagi,di situ pak pol 2 lagi maen hp kemudian dia ngurus pelanggaran saya dengan nulis di kertas tilangnya,saya di kasih kertas tilang warna merah,

"ini surat tilangya sama ini jumlah dendanya,tanda tangan disini" 
Pak Pol 2 berkata,sebelum saya tanda tangan saya liat surat tilangnya yah sepertinya gak ada yang bikin curiga dan akhirnya saya tanda tangan

"ini dendanya 100 ribu mau di bayar di sini apa lewat BRI"
kata Pak Pol 2,saya bilang ke polisinya Transfer lewat ATM aja pak,pikirku dalem hati,setelah proses tilang selesai akhirnya saya ke agen tiket tempat saya beli tiket untuk mudik

          Proses pemesanan tiket selesai,tapi saya tetep gak tenang karna STNK motor saya masih di tahan,yah akhirnya saya putuskan untuk menebus STNK saya yg di bawa pak pol tadi,sampainya di pos tempat pak polisi tadi saya bilang ke pak pol dan di situ suda banyak orang2 yang terkena pelanggaran yang sama.

"pak ini dendanya yang pelanggaran putar balik tadi pak"
saya bilang gitu,tapi pak pol malah bilang
"gak bisa mas harus transfer lewat ATM"
dalem hati saya ni polisi kok nada bicaranya beda dari yang tadi,ini lebih halus dan apa mungkin saya salah tentang kalo sebenernya bisa bayar denda di tempat,yah akhirnya saya transfer denda itu lewat transfer ATM dengan hati yang agak dongkol sebenernya.

itu sms dari E-tilang di situ di sertakan no briva dan jumlah denda yang harus di bayar

          Akhirnya selesai buat transfer dendanya,saya langsung ke ke tempat pak pol tadi untuk ngasih bukti transfer&ngambil STNK saya.
          Sampainya saya di situ saya langsung kasih surat tilangnya dan bukti transfer,di situ juga ada 1 orang cwek yang sama2 ngambil STNK juga kaya saya,dan ada 2 orang bapak2 yang kena tilang juga di situ dan di situ terjadilah perbincangan antara pak pol dan bapak2 pelangarnya,di situ bapak pelangar bilang kurang lebih "gimana pak STNK memang gak ada tapi BPKB ada,tolong di bantu pak"
yah memang kesanya sang bapak ingin masalah pelanggaran itu bisa cepet selesai dan damai di tempat,yah memang gak baik sih
tapi yang saya sayangkan dari pak pol ini adalah dia gak mau menjelaskan,yah memang bapak itu salah karna gak bawa STNK tapi seharusnya pak pol tersebut njelasin yang harusnya di lakukan oleh sang pelanggar tadi,n amun pak polisinya malah bilang kurang lebih
"yah mau dapet dari mana itu terserah bapak bukan urusan saya"
saya denger percakapan itu cuma agak kecewa pak polisinya gak ngejelasin seperti acara tilang2 di tv yang kalo nilang dengan lemah lembut,sunguh memang beda di tv sama kenyataan,yah tapi yaudahlah saya gk mau mikirin karna saya juga baru di tilang.

          Akhirnya alur proses penyelesaian selesai, dan STNK saya kembali lagi,lega banget rasanya udah gak ada urusan sama polisi,STNK sudah dapet dan saya langsung pamit pulang"makasih pak pulang dulu permisi"tapi yang ada saya malah di cuekin wkwk,akhirnya saya ambil motor,nyalakan motor dan balik ke kos.

0 comments:

Post a Comment